UNS ACTIVE: "Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary, Entrepreneurship"

Our Blog

D3 News (6)

TEMU ALUMNI di acara Anjang Karya

TEMU ALUMNI di acara Anjang Karya

Alumni PSDTK yang tergabung dalam Himpunan Alumni Teknik Kimia (HATK) UNS mengadakan pertemuan dengan rombongan anjang karya di Cilegon. Bersamaan dengan pertemuan itu, HATK D3 Chapter Cilegon memberikan program beasiswa untuk mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa D3 Teknik Kimia (KADIKA) UNS.
Read more...
Juara 1 Lomba OLIVIA 2019

Juara 1 Lomba OLIVIA 2019

Mahasiswa D3 Teknik Kimia UNS meraih juara 1 kategori Lomba Rancang Bangun Teknologi Energi Baru dan Terbarukan dalam Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2019 di Universitas Diponegoro Semarang pada 6 – 8 November 2019. Mereka adalah Afif Deyan Monlei Wicaksono (I8317001), Restu Caksono Adjie (I8317023), dan Nurul Habibah (I8318018).
Read more...
Sekolah Vokasi UNS

Sekolah Vokasi UNS

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan perindustrian, serta kondisi masyarakat yang terus berubah menuntut kualitas lulusan Perguruan Tinggi yang makin meningkat. Sejak 2019, UNS mulai menggabungkan 23 program studi Diploma yang ada dalam Sekolah Vokasi UNS. Penggabungan program Diploma dalam Sekolah Vokasi diarahkan agar Program Studi Diploma III Teknik Kimia (PSDTK) mampu menghasilkan:
1. tenaga kerja terampil dan terlatih yang dibutuhkan oleh dunia industri atau dunia kerja.
2. wirausahawaan mandiri dan tangguh yang membawanya kedalam kehidupan sejahtera dalam membangun Indonesia yang sejahtera dan maju.
Pengembangan atau pembaharuan kurikulum PSDTK Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret diperlukan untuk merespon perkembangan IPTEK, utamanya yang berhubungan dengan sektor industri kimia dalam menghadapi era industri 4.0. Penyusunan kurikulum Program Studi Diploma III Teknik Kimia secara keseluruhan telah dibahas dalam rapat koordinasi tim kurikulum, dengan memperhatikan peraturan-peraturan pemerintah baik kemeristekdikti, rektor UNS tentang penyelenggaraan program vokasi, panduan kurikulum pendidikan tinggi vokasi oleh kemenristekdikti, mempertimbangkan masukan-masukan dari kebutuhan industri (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, SKKNI, Kepmen Ketenagakerjaan RI no. 165/2016), kebutuhan masyarakat, serta Program Studi Vokasi sejenis, masukan dari alumni D III Teknik Kimia dan pengguna alumni, serta benchmarking kebutuhan lulusan sarjana terapan teknik kimia industri. Selanjutnya program studi membahas prosedur dan langkah-langkah revisi dan penyempurnaan yang telah digariskan bersama di dalam rapat-rapat internal program studi. Penyusunan kurikulum (40% SKS teori dan 60% SKS praktek) dititikberatkan pada:
1. penyusunan kurikulum berbasis outcome based education (OBE), yaitu penetapan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan.
2. pengembangan program magang dalam mata kuliah praktek kerja.
Read more...
Subscribe to this RSS feed

Hubungi Kami

0271 632112