UNS ACTIVE: "Achievement Orientation, Customer Satisfaction, Team Work, Integrity, Visionary, Entrepreneurship"

Ujian Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di Program Studi Teknik Kimia UNS

Salah satu aktivitas yang dilaksanakan oleh PSTK FT UNS adalah kegiatan penelitian di Laboratorium. Prosedur izin bekerja di laboratorium PSTK FT UNS bagi mahasiswa yang melakukan penelitian dijelaskan sebagai berikut:
1. Mengikuti Safety Induction yang diselenggarakan oleh Tim K3L PSTK.
2. Mengikuti Ujian Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di Laboratorium yang dilaksanakan secara berkala di awal semester.
3. Mengisi formulir surat izin akses laboratorium PSTK FT UNS.
4. Membuat laporan terkait MSDS bahan yang digunakan, instruksi kerja, dan identifikasi keselamatan kerja dalam penelitian dengan arahan dosen pembimbing penelitian. Kemudian laporan disahkan oleh Tim K3L PSSTK dan diserahkan ke Kepala Laboratorium.
Sehubungan dengan prosedur izin bekerja di laboratorium di atas, Ujian K3L di Laboratorium sangat penting untuk dilakukan. Ujian K3L di Laboratorium digunakan sebagai indikator pengetahuan pengguna laboratorium mengenai keselamatan kerja di laboratorium. Pengguna laboratorium yang lulus Ujian K3L dinyatakan sudah memenuhi kompetensi dasar keselamatan kerja di Laboratorium. Sehingga, seluruh pengguna laboratorium mengetahui dan melaksanakan keselamatan kerja di laboratorium dalam rangka mewujudkan tempat kerja atau laboratorium yang aman. Kompetensi dasar yang dicapai pada Ujian K3L yaitu:
1. Mengetahui peraturan keselamatan kerja
2. Mengetahui ancaman dan pencegahan bahaya
3. Mengetahui prosedur penyimpanan dan penanganan bahan kimia
4. Mengetahui penerapan K3L jika terjadi bahaya di laboratorium
5. Mengetahui pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
6. Mengetahui komponen untuk pemadam kebakaran
7. Mengetahui peralatan perlindungan diri di laboratorium
8. Mengetahui pengelolaan limbah bahan kimia
9. Mengetahui protokol kesehatan covid-19
Ujian Keselamatan Kerja di Laboratorium ini terdiri dari dua tahapan. Tata tertib pelaksanaan Ujian K3L di laboratorium adalah sebagai berikut :
a. Peserta ujian wajib mengakses Ujian K3L di Laboratorium menggunakan email single sign on dengan domain uns.ac.id
b. Peserta ujian wajib mengisikan data pribadi dengan benar
c. Ujian K3L di Laboratorium terdiri dari dua tahapan yaitu:
1. Tahap Satu : Peserta ujian wajib membaca Peraturan Umum Keselamatan Kerja di Laboratorium
2. Setelah membaca Peraturan Umum Keselamatan Kerja, peserta ujian mengerjakan Ujian K3L di Laboratorium. Peserta ujian dinyatakan lulus apabila mampu menyelesaikan ujian K3L dengan 80% jawaban soal benar.
d. Dua tahapan Ujian K3L di atas harus diselesaikan dalam waktu 45 menit. Apabila tidak submit data pada waktu yang telah ditentukan, maka peserta ujian dinyatakan tidak lulus dan tidak ada data yang tersimpan.
e. Peserta ujian diberikan kesempatan 1 kali ujian ulang jika tidak mencapai target yang telah ditentukan.
f. Peserta ujian wajib mengerjakan Ujian K3L di Laboratorium secara mandiri. Jika ditemukan kecurangan selama proses ujian, maka peserta ujian dinyatakan tidak lulus.
Ujian K3L di Laboratorium ini dilaksanakan serentak pada :
Hari, tanggal : Sabtu, Tanggal 10 Oktober 2020
Waktu : 16.00-16.45 WIB
Link Ujian K3L: LINK
Link Tracing Data : LINK
Sebelum mengikuti Ujian K3L di Laboratorium diharapkan seluruh peserta ujian untuk mempelajari kebijakan K3L PSTK FT UNS dan menginstall aplikasi “peduli lindungi” untuk mengetahui status zona daerah tinggal Anda. Setelah itu, diwajibkan mengisi form "Tracing Data Covid-19".

Hubungi Kami

0271 632112